Sukses

Apakah Kista Gigi Yang Sudah Diangkat Dapat Tumbuh Lagi

03 May 2017, 17:22 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mau tanya soal gusi saya yg bengkak yg terdiaknosis dokter bedah mulut adalah kista gusi. Penyakit ini dimulai 4th silam krna infeksi gusi terkena tusuk gigi. Tiap daya tahan saya melemah, mka gusi saya bengkak membesar dan mengeluarkan zat asam. Jalan penyembuhan apakah yang harus saya tempuh ? Apakah operasi pengangkatan kista atau pengobtan obat ? Jka operasi apakah akan ada kemungkinan timbul d beda tempat lg(menurut pengalaman teman saya yg pernah operasi muncul lg d beda tempat) ? Terima kasih dok atas bantuanya.

Terimakasih telah bertanya tentang apakah kista gigi yang sudah diangkat dapat tumbuh lagi melalui fitur Tanya Dokter.

Kista yang dapat terjadi di rongga mulut cukup banyak macamnya, namun yang paling sering terjadi adalah kista periapikal yaitu kista yang terjadi sebagai perkembangan lebih lanjut dari infeksi gigi karena karies (gigi berlubang). Jika yang terjadi memang merupakan kista jenis ini, maka terdapat beberapa alternatif perawatan, yaitu:


1. Perawatan saluran akar / perawatan syaraf gigi (perawatan endodontik). Perawatan ini dapat dilakukan jika kista yang terbentuk berukuran kecil atau belum terlalu parah. Perlu saya singgung bahwa perawatan ini umumnya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, dan perlu dilakukan rontgen gigi secara periodik untuk mengevaluasi penyembuhan dari kista tersebut.

2. Pengangkatan kista
Jika perawatan saluran akar tidak menunjukkan keberhasilan, maka dapat dilakukan pengangkatan kista dengan prosedur bedah minor. Prosedur ini terkadang disertai pengambilan gigi yang terlibat, namun bergantung pada perluasan kista serta pertimbangan medis lain. Kista dapat tumbuh lagi di tempat yang sama bila tindakan pengangkatan kista secara total tetapi karena satu dan lain hal kista tidak berhasil diangkat seluruhnya. Atau bisa juga kista jenis lain tumbuh di tempat yang sama akibat penyebab yang berbeda.

Kista yang ukurannya membesar akan semakin kompleks dalam pengangkatannya karena tingkat kesulitan operasinya tinggi. Tidak jarang sering mengharuskan pencabutan gigi yang sudah terkena. Dan sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan kista gigi tanpa operasi.

Nah sebelum kista menjadi semakin meluas kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis bedah mulut. Sambil menunggu ke dokter gigi, lakukanlah pemeriksaan sendiri secara berkala terhadap kista anda, apakah semakin lama semakin besar atau timbul gejala lain seperti sakit atau berdarah.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai apakah kista gigi yang sudah diangkat dapat tumbuh lagi, semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar