Sukses

Olahraga setelah Operasi Hernia

03 May 2017, 17:46 WIB
Pria, 18 tahun.

Halo dok, 10 bulan yang lalu saya melakukan operasi hernia. Sebelum operasi saya memiliki hobi naik gunung, bersepeda, dan jogging. Apakah setelah operasi saya boleh melakukan hobi saya kembali, utamanya naik gunung dok. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang olahraga setelah operasi hernia melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya perlu dilengkapi informasi mengenai hernia apakah yang Anda maksud? Karena terdapat banyak macam hernia; hernia otak, hernia diafragma, hernia umbilikal, hernia inguinalis, dll.

Namun apapaun jenisnya, yang dimaksud hernia adalah timbulnya penonjolan isi suatu rongga melalui bagian yang lemah dari dinding rongga bersangkutan.

Jika yang Anda maksud adalah hernia inguinalis, Prinsip terjadinya hernia adalah akibat peningkatan tekanan di dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut (umumnya karena usia). Oleh karena itu, terdapat beberapa keadaan yang diyakini dapat menyebabkan terjadinya hernia, yaitu:

Mengangkat beban yang terlalu berat
Batuk kronis / lama (misal pada tuberkulosis paru)
Kegemukan
Mengedan (misal buang air besar keras, sulit buang air kecil karena pembesaran prostat, dsb)
Kehamilan
Asites (penumpukan cairan abnormal di dalam rongga perut)
Aktifitas fisik yang berlebihan

Untuk itu, setelah hernia dioperasi dianjurkan untuk menghindari kegiatan yang dapat meningkatkan tekanan dalam rongga perut, termasuk berlari. Olahraga yang tidak boleh dilakukan pasca operasi hernia adalah olahraga dengan aktivitas yang menekan ronga perut atau membawa beban. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang olahraga setelah operasi hernia. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar