Sukses

Gusi Bengkak dan Sakit Setelah Ditambal Sementara

28 Apr 2017, 13:07 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat siang Dok. Kemarin sekitar pukul 11.00 saya menambal gigi di puskesmas. Gigi yang di tambal yaitu graham bawah kanan dan kiri, dengan lubang yang lumayan besar. Awalnya, dokter menyarankan untuk di cabut, namun dengan alasan tertentu saya menolaknya. Kemudian, dokter memeriksa gigi saya dan membersihkannya. Saat saya berkumur, terlihat partikel hitam dan air yang saya buang dari mulut saya berwarna merah. Lalu, dokter membersihkan karang gigi di hampir semua gigi saya, termasuk gigi yang berlubang. Setelah itu, dokter mulai menambal gigi saya. Setelah selesai, saya tidak boleh makan selama satu jam. Kemudian saya makan 2 jam setelah penambalan selesai. Saya hanya memakan nasi dan kuah sayur yang di lunakkan. Selama proses makan, gigi saya tidak merasakan sakit. Setelah selesai makan, saya tidur. Dan saat bangun, gigi saya sebelah kiri terasa sakit, seperti berdenyut - denyut. Terlihat seperti gusi saya bengkak. Saya hanya di beri obat Asam Mefenamat yang di minum saat sakit saja. Sampai saat ini saya sudah meminum 2 obat, setelah makan. Dan sakit itu berlanjut hingga sekarang (24 jam setelah penambalan) Pertanyaan saya, apakah reaksi yang saya alami normal atau tidak. Karena gigi yang sakit hanya gigi sebelah kiri, yang kanan tidak. Apa yang harus saya lakukan untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit tersebut.

Terimakasih telah bertanya tentang gusi bengkak dan sakit setelah ditambal sementara melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami gigi geraham bawah kanan dan kiri memiliki tingkat kedalaman lubang yang berbeda. Gigi yang mengalami sakit (geraham kiri bawah) kemungkinan kerusakan gigi tersebut sudah mencapai tempat saraf, maka perlu dilakukan perawatan saluran akar gigi. Gigi tersebut sudah tidak bisa lagi ditambal sinar biasa. 

Sedangkan untuk geraham kanan, karena tidak ada keluhan, bisa dipakai makan, tidak bengkak dan kemerahan maka selanjutnya dapat dilanjutkan perawatan tersebut dengan penambalan sinar.

Kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan kembali ke dokter gigi yang merawat gigi anda serta merencanakan perawatan terbaik untuk mengatasi keluhan anda. Sementara menunggu ke dokter gigi, untuk meredakan geraham kiri yang sakit anda dapat membuka / mencongkel tambalan sementara gigi tersebut agar gas dalam gigi bisa keluar dan gigi akan merasa lebih lega dan tiska sakit. Obat asam mefenamat dapat diminum maksimal sehari 3 tablet, diminum saat sakit saja.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak dan sakit setelah ditambal sementara, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar