Sukses

Gusi Selalu Bengkak dan Tidak Kunjung Sembuh

28 Apr 2017, 13:08 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat siang pak dokter.. Saya ada masalah dengan gusi saya.. Awalnya karna gigi yg berlubang.. gusi saya selalu membengkak Dan tidak kunjung sembuh.. apalagi kalau habis selesai makan bengkaknya pun agak mulai membesar.. tapi tidak terasa sakit.. dan anehnyA di gigi yg berlubang dulu kaya ada benjolan seperti daging tumbuh.. dan benjolan itu pun ilang dengan sendirinya.. Tapi kenapa gusi saya selalu bengkak dok.. Terima kasih sebelumnya..

Terimakasih telah bertanya tentang gusi selalu bengkak dan tidak kunjung sembuh melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, antara lain:

1. Penyakit gusi (Gingivitis)

2. Kekurangan nutrisi (Malnutrisi)

3. Gigi berlubang

4. Masa kehamilan

5. Masa pertumbuhan gigi

6. Penyakit Herpes Stomatitis

7. Penyakit Leukemia

Namun berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami gusi bengkak anda merupakan akibat dari gigi berlubang sudah mencapai tempat saraf dan tidak dirawat, sehingga lubang gigi sering kemasukan makanan. Minum obat saja hanya akan mengurangi kempesnya sesaat saja, tidak menyembuhkan penyebabnya. Gusi tidak akan kempes bila tidak dibarengi dengan perawatan gigi. Perawatan yang kami sarankan adalah perawatan saluran akar. Jika dibiarkan tanpa perawatan pembengkakan gusi akan menjadi tambah besar dan tambah sakit. Sementara sambil menunggu ke dokter gigi, pilih makanan yang lunak dan usahakan untuk tidak menggunakan sisi gigi tersebut sementara, berkumur setiap selesai makan agar tidak ada makanan yang masuk ke dalam lubang gigi.

Segera periksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat, agar gigi anda dapat diselamatkan dan dapat berfungsi kembali sebagai membantu pengunyahan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi selalu bengkak dan tidak kunjung sembuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar