Sukses

Sakit Dada dan Sesak Napas

03 May 2017, 11:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok, mau tanya. Nenek ku usianya sudah 73 tahun. Berat badan 68 kg dan tinggi badan 155. Mempunyai tekanan darah tinggi. Beberapa hari ini beliau mengeluhkan sakit didada sebelah kiri atas. Terladang disertai dengan batuk. Tapi 2 hari ini nyeri didada tanpa batuk dan saat dibuat bernafas baik tidur maupun duduk terasa sesak dan sakit. Kira-kira nenek saya terkena penyakit apa ya dok?? Apakah gejala penyakit jantung? Mohon bantuannya dok? Terima kasih?

Terima Kasih telah bertanya tentang sakit dada dan sesak napas melalui fitur Tanya Dokter

Sesak nafas dapat terjadi akibat kelainan jantung (gagal jantung), paru, gangguan saluran cerna, dan bahkan keluhan peningkatan asam lambung pun dapat menyebabkan keluhan sesak nafas. Gejala nyeri dada beserta sesak nafas dapat juga diwaspadai adanya gangguan organ jantung.

Jika penyebabnya adalah paru, maka dapat disertai keluhan lain seperti batuk, demam dan ada riwayat merokok. Untuk keluhan Asma umumnya, sesak sudah dirasakan sejak kecil dan memiliki riwayat keluarga. Peningkatan asam lambung biasanya dapat menimbulkan gejala nyeri dada atau perasaan sesak diikuti nyeri ulu hati, hal ini biasanya disebabkan oleh GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan). Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya. Untuk saat ini pun gangguan akibat penyakit jantung belum dapat disingkirkan.

Sayang sekali Kami tidak dapat mengetahui penyebab pasti keluhan nenek Anda tanpa adanya wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan nenek Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter terdekat.

Demikian informasi tentang nyeri dada dan sesak nafas ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar