Sukses

Hemofilia

03 May 2017, 09:26 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, apa bisa konsultasi langsung sama dokter tentang gejala-gejala dalam penyakit hemofilia? saran dari dokter...

Terima kasih telah bertanya mengenai Hemofilia melalui fitur Tanya Dokter
Halo,


Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah, dimana proses pembekuan darah berjalan ‘lebih lambat’ dari seharusnya. Tubuh kita memerlukan faktor pembekuan untuk menjaga kestabilan darah. Jika tubuh manusia kekurangan faktor pembekuan darah, seperti dalam kasus hemofilia, maka akan terjadi peningkatan kejadian perdarahan pada tubuh. Sayangnya tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan hemofilia. Izinkan kami menjelaskan tentang hemofilia.

Terdapat dua tipe hemofilia yaitu hemofilia A (kekurangan faktor pembekuan delapan) dan hemofilia B (kekurangan faktor pembekuan sembilan). Secara epidemiologis, angka kejadian hemofilia A jauh lebih tinggi dibanding hemofilia B.

Apa Saja Gejala Hemofilia?

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hemofilia adalah gangguan pembekuan darah. Karena itu, keluhan yang umumnya timbul adalah keluhan terkait perdarahan. Tanda khas untuk hemofilia adalah hemartrosis.

Apa itu Hemartrosis?

Hemartrosis adalah perdarahan pada sendi-sendi besar (lutut, siku tangan, pergelangan kaki). Keluhan ini menyebabkan nyeri dan bengkak sehingga menyebabkan sendi tidak dapat digerakkan. Hemartrosis ini muncul akibat benturan ringan yang seharusnya tidak menyebabkan jejas. Selain itu, pasien dengan hemofilia mudah berdarah dengan tindakan minimal seperti pencabutan gigi atau luka kecil.

Bagaimana Pengobatan Hemofilia?

Terdapat beberapa metode untuk pengobatan hemofilia. Salah satu pengobatanhemofilia umumnya dengan pemberian faktor pembekuan yang mengalami kekurangan (contohnya cryopresipitate).

Bagaimana jika terjadi perdarahan? Jika terjadi perdarahan sendi, dapat dilakukan imobilisasi atau jangan digerakkan bagian yang mengalami perdarahan. Selain itu, dapat juga dikompres dengan es. Kompres es dapat mengurangi rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan.


Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Hemofilia. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar