Sukses

Maag Saat Menstruasi

03 May 2017, 09:26 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, aku kan punya sakit maag, trus stiap kali menstruasi tiba2 aku muntah, sakit uluh hati, maag kambuh. Apa wajar dok? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai Maag Saat Menstruasi melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Rasa nyeri ulu hati ketika mengalami menstruasi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Gejala maag juga bisa muncul pada masa sebelum dimulainya siklus menstruasi (masa premenstrual) hingga dapat muncul saat sedang datanhg bulan hari pertama.

Premenstrual Syndrome (PMS) adalah kumpulan gejala yang muncul pada saat menjelang menstruasi. Biasanya gejala ini muncul 5-7 hari sebelum dimulainya siklus menstruasi.

Salah satu gejala dari sakit maag kambuh saat menstruasi ataupun PMS diantaranya adalah nyeri dan panas di ulu hati. Penyebab dari PMS ini masih belum diketahui, ada yang menyebutkan bahwa reaksi hormonal sangat berperan, serta akibat dari turunnya kadar serotonin di dalam otak. Ketika hal tersebut terjadi, makanan dan stres dapat memperparah terjadinya gejala maag.

Gejala maag kambuh saat menstruasi ataupun PMS yang dirasakan biasanya terjadi segera setelah makan. Gejala tersebut juga umum dirasakan ketika tidur telentang atau membungkuk. Gejala lain yang juga dapat muncul adalah mual, muntah, serta perut kembung. Penyebab dari maag kambuh saat menstruasi ini adalah akibat ketidakstabilan hormon yang menyebabkan relaksasi pada pintu esofagus sehingga memudahkan asam lambung naik ke atas. Karena sifatnya yang asam, maka cairan tersebut dapat menyebabkan rasa panas di daerah ulu hati sampai leher.

Hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi maag kambuh saat menstruasi sama dengan mengatasi gejala maag pada umumnya. Antasida dapat digunakan untuk menteralisir asam lambung, mengurangi nyeri, dan rasa tidak nyaman yang terjadi. Apabila nyeri ulu hati menjadi lebih buruk, maka obat penghambat reseptor H-2, sepertiranitidine, cimetidine, dan famotidine dapat digunakan. Namun, penggunaan obat-obatan jenis ini memerlukan anjuran dari dokter. Ingatlah untuk jangan terlambat mengonsumsi makanan, konsumsi makanan sedikit-sedikit tapi sering, dan konsumsi air putih yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Maag Saat Menstruasi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar