Sukses

Nyeri Pada Betis

03 May 2017, 10:03 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalaamu'alaikum,Dok! Saya Shofi,umur saya 19 th. Saya menderita sakit di betis kaki kiri. Jika di tekan kakinya sakit,dan jika sedang kambuh,kaki saya terasa tegang dan sampai bengkok. Rasanya sakit,nyeri sekali, dan keluar keringat dingin. Setiap hari selalu kambuh 2 kali/hari. Dan rasa sakitnya bisa selama 4 jam,jika tidak minum obat pereda nyeri. Kaki sebelah kiri saya hampir mengecil. Saya sudah berobat ke Dokter Syaraf,ternyata tidak ada hasilnya. Syaraf dan tulang saya masih normal. Saya minta tolong Dokter,Penyakit apa yang saya derita? Bagaimana solusinya? Dan saya harus berobat ke dokter apa? Mohon pertolongannya. Terima Kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar Nyeri Betis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Ketegangan dan nyeri pada otot-otot anggota gerak bisa disebabkan oleh gangguan otot atau persarafan. Hal ini juga dapat terjadi karena aktivitas yang salah posisi dan dilakukan berulang-ulang atau karena kontraksi otot ketika digunakan dengan kekuatan yang besar/aktivitas fisik yang berat. Bagaimanakah posisi Anda saat melakukan gerakan-gerakan tertentu dalam beraktivitas sebelum merasakan keluhan? Bagaimana dengan posisi tidur Anda? Adakah aktivitas tertentu yang menggunakan kekuatan besar dan berat dari otot-otot paha dan betis Anda yang dapat menjadi pemicu keluhan Anda?

Untuk mengurangi rasa sakit dapat dilakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu :

P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian yang sakit)
R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat anggota gerak sakit)
I : Ice (mengkompres daerah yang sakit dengan es bila terasa nyeri)
C : Compress (membalut daerah yang terasa nyeri)
E : Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)

Anda juga dapat mengoleskan krim atau gel anti nyeri pada daerah yang dirasa sakit. Jika keluhan berangsur hilang dalam 2-3 hari maka hal ini bukan masalah. Namun Anda perlu memperhatikan dengan seksama faktor apa yang menyebabkan timbulnya keluhan Anda dan memperbaikinya. Selain itu, kami tidak menyarankan untuk diurut karena terkadang jika caranya kurang tepat maka dapat menyebabkan otot semakin berkontraksi dan menjadi semakin sakit. Daerah yang sakit disarankan untuk diistirahatkan.

Satu penyebab khusus nyeri betis yang bisa menjadi perhatian khusus adalah karena gangguan darah berupa hiperkoagulasi (kecenderungan untuk menggumpal) sehingga bekuan darah menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pembuluh balik di kaki (disebut pembuluh vena/ Penyakit insufisiensi vena kronik). Nyeri pada keadaaan ini umumnya terjadi setelah beraktivitas. Salah satu cara mendeteksi gangguan ini adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter dan dilakukan USG.

Tentu hal ini hanya merupakan salah satu penyebab, karena masih banyak penyebab lain yang memerlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Kami sarankan Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui lebih lanjut penyebab keluhan Anda.

Jika terjadi permasalahan pada otot dalam jangka waktu yang cukup lama (lebih dari 1 minggu) dan krim anti nyeri biasa tidak berhasil, kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter spesialis saraf atau spesialis tulang untuk melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dokter akan menentukan otot-otot daerah mana saja yang mengalami masalah dan menentukan adakah keterlibatan saraf dan menyarankan penanganan diatermi atau rehabilitasi medik untuk merelaksasi otot sesuai dengan daerah yang bermasalah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar