Sukses

Alergi Susu Sapi dan Soya

03 May 2017, 06:04 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok anak saya umur 7bln bbnya 7,9kg sejak usia 6bln anak saya sudah mnum sufor soya, krna sudah di vonis dokter alergi susu sapi, 2hari yg lalu saya berikan biskuit regal untuk cemilannya dokter, 2jam kemudian muncul ruam2 merah di wajah, tangan dan kakinya, sdh saya beri obat alergi hilang sesaat, tp smpk skg ruamnya msh muncul lg dok, apa susu soya msh bs diberikan dok, takutnya ruamnya tambah parah dan kira2 brp hari ruam itu bs menghilang ya dok? Mohon bantuannya, thanks

Terima kasih telah bertanya seputar alergi susu sapi melalui fitur Tanya Dokter.

Susu sapi adalah sumber energi, protein, vitamin, dan mineral yang penting bagi anak yang sedang bertumbuh. Bila anak Anda alergi susu sapi, susu pengganti harus bisa menyediakan kecukupan gizi yang sama.

Susu formula hipoalergenik biasanya direkomendasikan pada anak-anak ini. Susu jenis ini mengandung protein yang sudah dipecah menjadi lebih kecil dalam bentuk protein terhidrolisat, maupun asam amino.

Terdapat berbagai jenis susu formula hipoalergenik, yaitu:

  • Extensively hydrolysed formulas (terhidrolisa total) yang mengandung protein casein dan whey.
  • Partially hydrolysed formulas (terhidrolisa parsial)
  • Formula asam amino, direkomendasikan apabila formula yang terhidrolisa tidak bisa ditoleransi
  • Formula dari kedelai (soya), bukan pilihan pertama untuk bayi di bawah 6 bulan. Setelah usia 6 bulan, biasanya hanya dipakai apabila anak tidak alergi protein kedelai atau apabila pilihan lain juga tidak dapat ditoleransi atau karena vegetarian

Pada kasus bayi Anda, sepertinya mengalami alergi terhadap protein kedelai. Oleh karena itu, susu soya sebaiknya dihentikan. Bayi Anda, dapat menggunakan susu berlabel Hypoallergenic (HA) bila alergi susu sapi. Namun demikian, sebaiknya pemilihan susu pada anak yang alergi susu sapi didiskusikan dengan dokter anak Anda terlebih dulu karena harus disesuaikan dengan kebutuhannya, tumbuh kembangnya, dan toleransinya terhadap kandungan susu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar alergi susu sapi. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar