Sukses

Agar Luka Sunat Cepat Kering

03 May 2017, 05:01 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mau tanya ,,,seminggu yg lalu saya melalukan Khitan tetapi lukanya blm kering ,apakah saya boleh pake Nebacetin powder supaya luka khitan cepat kering ?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang luka pasca sunat melalui fitur Tanya Dokter.

Luka setelah sunat merupakan salah satu bentuk luka operasi. Luka tersebut memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 4-6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Penggunaan bubuk antibiotik seperti yang Anda sebutkan tidak dianjurkan karena akan membuat luka menjadi basah kembali. Bila ingin menggunakan antibiotik sebaiknya yang sediaan salap jika luka masih basah. Prinsipnya luka basah harus diobati dengan sediaan basah/cair juga. Oleskan salap setelah Anda kompres dengan cairan NaCl 0,9%.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar luka sunat. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar