Sukses

Plasenta Menutupi Jalan Lahir

02 May 2017, 21:52 WIB
Wanita, 31 tahun.

Saya hamil 34 minggu,, info dokter ari2 saya menutupi sebagian sebelah kiri seminggu ini saya sudah 2 kali mengeluarkan darah yg cukup byk apa bahaya untuk bayi saya,, mohon bantuanya



Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi kehamilan Anda saat ini. Jika ari-ari (plasenta) menutupi sebagian jalan lahir, maka disebut sebagai plasenta previa.

Plasenta yang menutupi jalan lahir disebut juga plasenta previa. Saat ini kehamilan Anda memasuki usia 18 minggu. Plasenta previa yang ditemukan pada minggu-minggu awal kehamilan sebenarnya tidak menjadi masalah sehingga tidak perlu dilakukan tatalaksana khusus. Hal ini disebabkan karena dinding rahim masih akan melebar hingga trimester ketiga sehingga posisi plasenta masih dapat bergeser menjauhi jalan lahir.

Bergantung pada jarak plasenta dari jalan lahir (menutupi jalan lahir secara total, sebagian, atau hanya berada dekat dengan jalan lahir) masih terdapat kemungkinan untuk melahirkan secara normal. Namun apabila plasenta masih menutup jalan lahir saat trimester ketiga kehamilan, dapat menyebabkan timbulnya perdarahan dari kemaluan sehingga janin terpaksa dilahirkan lebih awal sebelum waktunya melalui operasi sesar. Selain itu, juga terdapat risiko hambatan pada pertumbuhan janinakibat asupan nutrisi melalui plasenta yang kurang adekuat.

Untuk itu perlu dilakukan monitor ketat dan pemeriksaan USG berkala oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Selain itu, penting untuk memperhatikan ada/tidaknya perdarahan dari kemaluan meski hanya sedikit.

Anda perlu mengistirahatkan panggul Anda untuk sementara waktu dari hubungan intim ataupun pemeriksaan dalam vagina oleh dokter Anda. Batasilah aktivitas yang dapat memprovokasi timbulnya perdarahan, seperti pekerjaan rumah tangga atau mengangkat barang yang berat. Selain itu, perlu diperhatikan untuk memebuhi kecukupan nutrisi dan istirahat ibu, disertai olahraga rutin untuk mencegah komplikasi serius yang mungkin terjadi selama kehamilan. Hindari merokok, stres, konsumsi alkohol dan narkotik yang dapat membahayakan kehamilan Anda.

Anda dapat mengakses rubrik kehamilan dan kandungan kami untuk mengetahui tips dan hal-hal yang diperlukan selama kehamilan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar