Sukses

Ciri-Ciri Penyakit Maag

02 May 2017, 18:17 WIB
Pria, 46 tahun.

Ulahati saya panas disertai nyeri, panas menjalar sampai ke punggung atau perut, sembuh diobati dg promag/cimetidin, kambuh lagi, kira- kira 2 minggu pengobatan, nafas agak sesek dan sakitnya masih. Apakah ini penyakit maag atau asam lambung ?..

Terima kasih telah bertanya mengenai ciri-ciri maag melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Pernahkah Anda merasakah gejala seperti: rasa tidak enak diperut; mual; muntah; kembung; sering bersendawa; nyeri ulu hati; tidak nafsu makan. Bila Anda pernah mengalami gejala serupa, maka kemungkinan besar Anda mengalami penyakit dispepsia, atau yang sering disebut dengan maag. Bila berlangsung lama, maka disebut kondisi yang kronis.

Apakah Anda sering terlambat makan/makan tidak teratur? Apakah Anda sering makan makanan yang pedas dan asam, jamu-jamuan, dan obat warung? Apakah keluhan Anda berhubungan dengan terlambat makan atau makan kekenyangan? Semua hal tersebut adalah faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya maag. Rasa panas, perih di perut; mual; sakit ulu hati merupakan keluhan khas untuk sakit maag. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Kami sertakan artikel: Dispepsia, untuk informasi Anda mengenai sakit maag.

Stress dapat juga memberikan keluhan seperti di atas. Untuk mendapatkan kondisi yang sehat dan fit dan agar dapat menghindari maag, Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan:

Makan teratur (3x/hari)

Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)

Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)

Tidak merokok

Bila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopi

Jalani hidup dengan santai dan hindari stres



Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai ciri-ciri maag. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar