Sukses

BAB Berdarah pada Anak

02 May 2017, 20:21 WIB
Pria, 5 tahun.

selamat malam dok saya mo tanya anak saya usianya 5 tahun 6 bln beberapa hari ini susah makan kalo disuruh makan alasannya sakit habis copot(tanggal giginya), makannya jarang tapi babnya sering banget sehari bisa 3-4 kali /sehari, ditanya sakit gk katanya gk yang terakhir saya liat babnya ada darahnya, itu knp ya dok

Terima kasih telah bertanya mengenai BAB berdarah pada anak melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Diare merupakan penyakit yang umum pada anak setelah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Diare dapat dibagi menjadi tiga, yakni akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari), dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi feses yang cair, yang menjadi karakteristik diare, biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya inflammatory bowel disease.

Sebenarnya, penyebab diare ada bermacam-macam yakni:

1) Infeksi dari berbagai bakteri yang disebabkan oleh kontaminasi makanan maupun air minum.

2) Infeksi berbagai macam virus. Pling sering disebut rotavirus

3) Alergi makanan, khususnya susu atau laktosa (makanan yang mengandung susu).

4) Parasit yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang kotor.

Gejala nya serupa pada setiap diare, namun diperkuat dengan anamnesis terhadap orang tua pasien dan juga diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan darah dan juga pemeriksaan feses lengkap. Diare berdarah pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi jenis bakteri tertentu, infeksi parasit tertentu, alergi susu atau makanan, peradangan saluran cerna, dll. 

Kami sarankan anda membawa anak anda berkonsultasi dengan dokter, agar dapat ditentukan penyebab dan terapi untuk keluhannya. Sementara itu, jaga terus asupan cairan anak agar tidak dehidrasi. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai BAB berdarah pada anak . Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar