Sukses

Efek Bayi Prematur

02 May 2017, 20:01 WIB
Wanita, 18 tahun.

Apa Efe nya lahir prematur

Terimakasih telah bertanya seputar Bayi Prematur menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada umur kehamilan kurang dari 37 minggu, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir dan berat kurang dari 2500 gram.

Bayi yang dilahirkan prematur belum mempunyai alat-alat tubuh yang sempurna seperti bayi cukup bulan, sehingga akan mengalami lebih banyak kesulitan untuk hidup diluar kandungan ibunya.

Bicara mengenai tumbuh kembang anak, organ yang paling penting pada manusia adalah otak, sebagai pusat koordinasi aktivitas hidup. Laju pertumbuhan otak paling cepat adalah antara minggu ke 15 dalam kehamilan sampai 2 tahun setelah lahir.

Pada tahap pesat tumbuh kembang, otak sangat peka terhadap gangguan. Setiap gangguan dapat menyebabkan perubahan yang menetap pada struktur dan fungsi otak.

Bayi prematur belum mempunyaii alat-alat tubuh sempurna seperti bayi cukup bulan. Semakin muda umur kehamilan, kematangan organ-organ tubuh makin belum sempurna. Beberapa gangguan tumbuh-kembang anak akibat prematuritas organ-organ tubuh pada bayi prematur adalah;

Imaturitas sistem saraf pusat
Imaturitas metabolisme bilirubin
Imaturitas Paru-paru
Imaturitas saluran cerna
gangguan imunologi atau daya tahan tubuh, dll

Kelahiran prematur disamping merupakan salah-satu penyebab tingginya resiko kesakitan dan kematian bayi baru lahir, juga berhubungan dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan Anak. Bayi prematur memiliki kecenderungan mengalami gangguan pertumbuhan, dan juga perkembangan.

Namun, anda tidak perlu khawatir, Jika bayi yang lahir prematur tersebut tidak mengalami masalah kesehatan pada saat lahir, bayi dan masa pertumbuhan maka pada saat dewasa tidak ada masalah kesehatan tertentu yang dapat mengganggu. Selama masa pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan baik maka tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan.

Bila terdapat gangguan pada tumbuh kembang anak anda, silahkan periksakan ke dokter spesialis Anak, untuk melihat tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak Anda saat ini. Dan bila telah terjadi keterlambatan, seperti yang Anda khawatirkan, dokter spesialis Anak dapat memberikan solusi langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengejar keterlambatan tersebut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar