Sukses

Berbicara Terbalik-balik, Disleksia?

02 May 2017, 20:01 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya selalu mengeluh karena saya sering berbicara terbata-bata bahkan dengan kalimat dan huruf yang terbalik-balik .misalny saya mau ngomong "sisma sama doni dimana sekarang?" jadinya "disma sama soni dimana sekarang?".

Terimakasih telah bertanya seputar Disleksia menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Dari keluhan yang anda paparkan, gejala tersebut mengarah pada dyslexia.

Disleksia adalah suatu keadaan/ gangguan yang didapat secara keturunan yang menyebabkan kesulitan dalam membaca, menulis, dan mengeja bahasa asal seseorang.

Disleksia termasuk masalah neurologis dan disebabkan karena faktor genetik atau hormonal. Dalam kasus yang sangat jarang, trauma otak juga bisa menjadi penyebab.

Berikut adalah beberapa tanda umum orang dewasa mengalami disleksia:

Sering membuat kesalahan saat menulis.
Mengacaukan catatan nomor telepon.
Kesulitan dalam menyampaikan pesan dengan baik kepada orang lain.
Sering bingung mengenai tanggal dan waktu.
Kesulitan mengucapkan kata-kata panjang atau mengatur kalimat dalam urutan yang benar.

Sampai saat ini tidak ada pengobatan dengan obat. Terapi ditujukan untuk mengatasi kesulitan belajar yang spesifik, dan sangat individual (disesuaikan dengan kebutuhan tiap pasien). Terapi untuk Anda yang berusia 25 tahun, tentunya berbeda dengan anak yang baru berusia 10 tahun. Sebelumnya akan dilakukan penilaian mengenai sejauh apa Anda mengalami kesulitan, kemudian aspek tersebut yang akan menjadi target intervensi terapi.

Tahap pertama adalah menentukan diagnosis dengan benar, kemudian melakukan berbagai pemeriksaan psikologis dan fisik. Jika Anda termasuk dalam ciri-ciri diatas sebaiknya konsultasikan diri Anda ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar