Sukses

Gangguan Kesehatan Akibat Kerja Shift Malam

02 May 2017, 20:00 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, saya mau bertanya, apakah dengan bekerja pada mlm hari dalam kurun waktu yg lama (sekitar 2 tahun lebih), mempengaruhi keharmonisan hubungan seksual?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda. Jika Anda berhasil mengatur waktu bertemu suami istri yang memadai sepertinya hal ini tidak menjadi masalah.

Tubuh manusia memiliki irama sikardian, sehingga waktu tidur di malam hari tidak bisa digantikan menjadi pagi atau siang hari. Itu karena irama sirkadian kita tidak bisa dibohongi. Walaupun kamar sudah digelapkan, tubuh kita tetap mengenali waktu sebagai siang hari.

Tidur diperlukan, terutama malam hari karena di saat tidur banyak hormon yang bekerja. Selain hormon melatonin, hormon yang hanya diproduksi saat gelap, di tahap tidur juga dikeluarkan hormon pertumbuhan.Hormon ini berperan dalam proses peremajaan sel. Itu sebabnya jika kualitas tidur tidak baik, orang akan kelihatan cepat tua.

Bekerja di luar jam normal juga menghilangkan waktu bersosialisasi, sehingga memengaruhi kesehatan jiwa seseorang.

Para pekerja gilir malam juga berisiko mengalami kanker. Pada saat tidur, kadar sel-sel pembunuh alami dalam darah sangat tinggi. Ini adalah sel penguat daya tahan tubuh, termasuk dari serangan sel tumor atau kanker.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar