Sukses

Setiap Pagi Bersin-Bersin, Alergi?

02 May 2017, 18:13 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, mau tanya udh 5 tahun saya kalu pagi2 suka flu, dan biasanya dari pagi ampe siang hidung saya suka keluar cairan dan kalu kena angin, debu suka fluuu juga.itu apa ya? oabat nya juga apa ya dok? trimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar Rhinitis Alergi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kemungkinan besar yang terjadi pada Anda disebut rinitis alergi. Rinitis alergi adalah gejala radang pada hidung yang ditandai dengan keluhan sering bersin-bersin, bisa juga mampet/ hidung tersumbat (bila yang merasakan orang dewasa). Yang memicu kambuhnya rinitis alergi biasanya saat penderita terpapar dingin, tungau debu (sering ditujukan sebagai alergi debu, mungkin seperti kasus yang terjadi pada ibu).

Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa. Memang, karena faktor genetiknya yang sangat kuat, sangat mungkin diturunkan dari orang tua Anda bila memang orang tua Anda memiliki riwayat alergi.

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.

Terapi yang dilakukan adalah :

Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti menghindari tempat maupun benda berdebu.

Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Dapatkanlah obat tersebut langsung dari dokter.

Jika keluhan dirasakan sangat mengganggu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis THT.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar