Sukses

Perbedaan Bentuk Testis

02 May 2017, 18:10 WIB
Pria, 20 tahun.

Siang dok. Saya heran dengan testis sy,yg kanan bulat dan kiri lonjong. Apa itu normal.? Dan apakah sprma bisa habis dan cara menjaga kualitasnya bgaimana.?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

apakah selain ukuran testis yang anda keluhkan ada keluhan lain seperti nyeri, apakah perbedaannya cukup besar. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras, Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Selama ukurannya proporsional dengan ukuran tubuh dan tidak secara kontras berbeda antara testis kanan dan testis kiri dan tidak ada keluhan mengenai testis anda, maka Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

Agar dapat memproduksi sperma, suhu testis harus dijaga. Ukuran skrotum akan berubah-ubah untuk menjaga suhu testis. Ketika Anda kedinginan, skrotum akan mengkerut untuk menjaga panas tidak keluar. Bila suhu terlalu panas, skrotum akan relaksasi sehingga testis membesar serta menggantung. Ukuran testis kiri dan kanan memang umumnya sedikit berbeda dan sebelah testis biasanya menggantung lebih rendah. Karena itu Anda tidak perlu khawatir kecuali ukuran keduanya jauh berbeda.

Jika dirasakan keluhan tersebut cukup menganggu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar