Sukses

Nyeri Kepala Sampai Belakang Mata Setiap Melihat Gadget

02 May 2017, 14:42 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya sudah konsultasi dengan dokter syaraf dan periksa EEG, dan hasilnya saya hanya mengalami gangguan kecemasan. Tapi kenapa ya, setiap saya melihat ke gadget atau komputer, mata bagian belakang saya suka sakit kemudian sakit kepala satu titik, kemudian kadang mual kalo terlalu lama, dan kesemutan. Apa saya harus ct scan/mri atau periksa mata aja ya dok? Soalnya saya mengalami itu saat melihat hp atau komputer saja walaupun sudah dimatikan koneksi jaringannya,kalo hp hanya didekatkan ke tubuh saya, gak kenapa2 dok.

Terimakasih telah bertanya seputar Nyeri Kepala Akibat Komputer menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter

Melihat layar telfon genggam(hp)/komputer terus menerus memang dapat menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus/pandangan kabur, pedih, silau dan dapat juga mengalami pusing atau sakit kepala. Normalnya setiap orang akan mengedip sekitar 18x setiap menitnya yang berguna untuk membantu menyegarkan mata. Ternyata ketika kita sedang menatap layar hp/komputer, kemampuan mata untuk mengedip hanya setengahnya, sehingga mata mudah kering, lelah, gatal dan pedih. Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat.Selain itu, posisi duduk yang salah dan sama terus menerus tentu saja dapat menyebabkan nyeri pada daerah punggung, bahu, atau leher.

Beberapa gejala yang dapat muncul adalah:

  • Penglihatan kabur
  • Penglihatan ganda
  • Mata kering dan mata merah
  • Iritasi mata
  • Sakit kepala
  • Sakit leher, bahu dan punggung

Keluhan yang Anda rasakan kemungkinan disebabkan oleh mata lelah akibat terlalu lama melihat layar hp, untuk itu sebaiknya Anda mengurangi frekuensi bermain hp terutama pada jarak dekat dan dengan pengaturan pencahayaan yang kurang ataupun berlebihan. 

Sakit kepala yang berhubungan dengan cahaya (dicetuskan atau diperberat) umumnya disebabkan oleh migraine, tension dll. Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Pada kasus Anda, kemungkinan juga ada pengaruh dari radiasi komputer. Terlalu laa di depan komputer dapat mengakibatkan gangguan kesehatan akibat radiasi komputer. Gejalanya antara lain mata lelah, mata kabur, mata kering, nyeri kepala, kaku leher, dan lainnya. Untuk pencegahan yang bisa Anda lakukan antara lain :

  • Gunakan filter (pelindung) layar komputer untuk mengurangi radiasi
  • Kurangi resolusi layar komputer menajdi minimal
  • Jaga jarak mata dengan komputer, jangan terlalu dekat (minimal 45 cm)
  • Istirahatkan mata selama 10 menit setiap setelah menggunakan komputer 50 menit
  • Sesuaikan ketinggian monitor dengan mata

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda rrasakan, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik lengkap serta pemeriksaan penunjang (seperti CT Scan) bila diperlukan. Dengan mengetahui penyebab nyeri kepala Anda, terapi yang diberikan juga akan lebih optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar