Sukses

Nyeri Dada Yang Tidak Khas

02 May 2017, 14:42 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamualaikum dok, saya sering mengalami sesak dada secara tiba-tiba. Saat kecil saya pernah jatuh dari lantai 2 dan kejatuhan papan setelah jatuh. Saya masih belum yakin apakah sakit dada saya karena pernah kecelakaan tsb. Terkadang sakitnya tidak menentu dok, biasanya sebelah kanan atau kiri dada. Terkadang sakitnya sampai membuat saya memukul dada karena tidak tahan. Mohon penjelasannya dok.

Terimakasih telah bertanya seputar Nyeri Dada menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Namun Anda harus membedakan jenis nyeri dada yang Anda alami. Nyeri dada bisa disebabkan banyak hal yaitu :

Nyeri dada khas penyakit Jantung : biasanya nyeri dada kiri, tidak dapat ditunjuk dengan satu jari, seperti ditiban benda berat, menjalar, disertai keringat dingin.

Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada karena masalah psikologis

Nyeri dada karena trauma atau benturan, seperti terjadi hematothorax, pneumothorax, atau patahnya tulang dada

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan, termasuk pemeriksaan stress test bila perlu. Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar