Sukses

Pemasangan CAPD pada Gagal Ginjal

30 Apr 2017, 09:08 WIB
Wanita, 54 tahun.

Saya mau tanya, apakah pasien gagal ginjal yg sudah melakukan HD selama 2 thn dan tidak bisa kencing bisa melakukan CAPD?

Terima kasih telah bertanya tentang pemasangan CAPD pada gagal ginjal melalui fitur Tanya Dokter

CAPD adalah operasi pada perut untuk “menanamkan” selang yang terhubung antara perut bagian luar dengan ginjal. Selang tersebut bisa dibilang sebagai pintu utama pertukaran cairan. Hal yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan proses ini selama kurang lebih 3-4 kali sehari (selama 365 hari dalam setahun, artinya: dilakukan setiap hari), yaitu dengan jalan mengeluarkan cairan yang ada dalam tubuh ke dalam kantong CAPD kosong, dan menggantinya dengan cairan dari kantong CAPD yang masih berisi cairan steril(1,5-2,5 liter).

Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan selama proses, baik dari ruangan yang digunakan, peralatan, maupun orang yang membantu proses CAPD. Kira-kira memakan waktu kurang lebih 20-30 menit. Hal ini tergantung dari banyaknya cairan dan kecepatan cairan yang dapat dikeluarkan ataupun dimasukkan melalui selang.

Bisa atau tidaknya CAPD ini dilakukan sangat bergantung pada kebutuhan dan kondisi klinis masing- masing individu. Untuk itu saya sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter penyakit dalam atau bedah urologi untuk mendapatkan pengobatan yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar