Sukses

Perut Bergas dan Anyang anyangan

02 May 2017, 03:19 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok mau tanya perut saya kok terasa kembung gitu ya dok seperti sakit maag dan suka bunyi seperti ada gas dalam perut saya. Saya juga merasa seperti anyang anyangan dok ingin buang air kecil terus kenapa ya? Bisa kasih saya obat untuk saya minum? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang perut bergas dan anyang anyangan melalui fitur Tanya Dokter

Keluhan perut kembung atau perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang. Untuk itu bila keluhan terus berlanjut, ada baiknya diperiksakan kembali ke dokter. Bila diperlukan dokter akan meminta pemeriksaan penunjang berupa analisa kencing.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait perut bergas dan anyang anyangan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar