Sukses

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

02 May 2017, 02:34 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok saya mau bertanya, apakah mengkonsumsi coklat bubuk baik untuk kesehatan tubuh ? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang manfaat coklat untuk kesehatan melalui fitur Tanya Dokter

Jika dikonsumsi tidak terlalu banyak dan dalam bentuk cokelat pahit yang sedikit mengandung susu, gula, krim maupun tambahan lainnya maka cokelat dapat memberikan manfaat kesehatan.

Beberapa manfaat cokelat bagi tubuh yang telah diteliti adalah:

  • Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner karena sumbatan pembuluh darah. Sumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena sel darah trombosit menggumpal, peradangan pada sel endotel (pelapis) pembuluh darah dan menyumbat pembuluh darah. Flavonoid dalam cokelat telah diteliti dapat meningkatkan fungsi sel endotel (pelapis) pembuluh darah dan sel trombosit dan memiliki efek anti peradangan sehingga tidak mudah terjadi penggumpalan sel trombosit dan penyumbatan pembuluh darah.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL/Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL/High Density Lipoprotein) dalam darah.
  • Menurunkan risiko terjadinya diabetes. Salah satu risiko terjadinya diabetes adalah menurunnya sensitivitas insulin. Konsumsi cokelat ternyata dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah pada pembuluh darah arteri.
  • Meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit, meningkatkan kelembaban kulit serta melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet sehingga dapat menjadikan kondisi kulit lebih sehat dan lebih halus.

Namun, tentu kita perlu berhati-hati terhadap jenis cokelat yang kita konsumsi. Cokelat yang mengandung bahan campuran gula, susu, krim dan lainnya dapat mengandung kalori yang cukup tinggi dan kadar lemak dan kolesterol tinggi. Pilihlah produk cokelat yang mengandung kandungan cokelat dalam persentase yang cukup tinggi, sekitar 70-80%, untuk efek kesehatan yang baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait menfaat coklat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar