Sukses

Mengatasi Otot yang Tertarik

02 May 2017, 02:34 WIB
Pria, 19 tahun.

dok saya mau tanya, kalau saya lagi setrika atau lagi diboncengin teman sering terjadi strain pada scapula, bagaimana cara menanganinya? apakah bisa dengan pelayanan fisioterapis? lalu apakah otot infraspinatus yang terjadi spasme?

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi otot yang tertarik melalui fitur Tanya Dokter

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani keluhan akibat otot yang tertarik antara lain :

  • Rest (Istirahat)
    Kurangi aktifitas sebisa mungkin, terutama pada 48 jam pertama setelah terjadinya cedera. Kemudian, secara bertahap daerah yang mengalami tarikan tersebut dapat mulai digerakkan sedikit demi sedikit.
  • Ice (es)
    Dinginkan daerah yang tertarik dengan menggunakan es yang dilapisi kain/handuk selama maksimal 20 menit dan dapat diulangi setiap 3-4 jam
  • Compression (penekanan)
    Untuk mengurangin pembengkakan lebih lanjut sebaiknya dilakukan penekanan pada daerah yang cedera. Penenkanan dapat dilakukan dengan menggunakan perban elastik.
  • Elevation (peninggian)
    Jika memungkinkan, pertahankan agar daerah yang mengalami tarikan berada lebih tinggi dari pada jantung agar pembengkakan yang terjadi dapat terjadi.

Otot yang tertarik, dalam derajat yang ringan dapat diatasi hanya dengan melakukan ke-empat prinsip penanganan keseleo yang telah disebutkan di atas dan ditambah dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, seperti obat dari golongan acetaminophen, atau NSAID.

Untuk kasus tarikan otot yang lebih berat dan tidak dapat ditangani dengan langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penatalaksanaan yang tepat. Fisioterapi dapat menjadi salah satu jelan keluarnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait mengatasi otot yang tertarik. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar