Sukses

Gatal di Buah Zakar

02 May 2017, 02:05 WIB
Pria, 23 tahun.

Saya mengalami gatal di area buah zakar dan juga selangkangan dok,apakah itu bisa menular yaa?

Terima kasih telah bertanya tentang gatal di buah zakar melalui fitur Tanya Dokter

Saya menegerti rasa khawatir yang anda rasakan karena keluhan gatal ini. Rasa gatal pada zakar bisa disebabkan oleh berbagai sebab, misalkan karena infeksi jamur. Pertama Izinkan saya menjelaskan tentang apa itu infeksi jamur dermatofita atau disebut dengan istilah tinea.

Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait gatal di buah zakar. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar