Sukses

Gejala Anemia

01 May 2017, 22:36 WIB
Pria, 24 tahun.

Maaf dok. Sudah 3blan saya selalu pusing. Dan mual. Serta keringat dingin. Bahkan serink mawu pinsank. Ini gejalah penyakit apa ya dok dan cara mengatasinya?

Terimakasih telah bertanya seputar Anemia menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Bila Anda sering lemas, kemungkinan penyebabnya ialah:

1. Asupan makanan

Bila asupan makanan yang dikonsumsi jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka sangat mungkin kadar gula dalam darah Anda rendah (hipoglikemia). Akibatnya tubuh lemas dan tidak bertenaga untuk beraktivitas. Kurangnya gula darah juga bisa menyebabkan pusing, tangan gemetar, keringat dingin, hingga berdebar-debar.

2. Jumlah istirahat

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kelelahan yang paling sering dikeluhkan oleh seseorang. Istirahat adalah waktu bagi sel-sel tubuh untuk beregenerasi dan pemulihan kembali tenaga untuk beraktivitas.

3. Olahraga

Dengan rutin berolahraga, maka kapasitas pengantaran oksigen (delivery oxygen) jantung akan meningkat, dengan begitu efisiensi pendistribusian oksigen akan meningkat. Bila oksigen dapat diantarkan keseluruh tubuh dengan efisien, maka sel-sel tubuh akan memperoleh energi untuk melakukan aktivitasnya. Sebaliknya, bila tidak rutin berolahraga, maka kapasitas pengantaran oksigen tidak maksimal dan tubuh cepat lelah serta tidak prima.

4. Anemia

Kondisi ini merupakan penyebab kelelahan yang paling sering terjadi. Anemia adalah kondisi rendahnya nilai hemoglobin darah yang dimiliki seseorang. Tanda-tandanya adalah badan lemas, mudah lelah dan mengantuk, terlihat pucat, serta kurang berkonsentrasi. Bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya harus dipastikan dengan pemeriksaan darah. Penyebab kondisi ini misalnya perdarahan dalam jumlah besar (menstruasi berlebihan, sering BAB hitam atau muntah darah), kekurangan zat besi, kelainan produksi darah, dan lain sebagainya.

Anemia atau dalam bahasa awam disebut dengan kurang darah adalah kondisi di mana kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah rendah. Hemoglobin diperlukan untuk menghantar oksigen ke seluruh tubuh. Kadar Hemoglobin seseorang dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah (laboratorium).

Derajat anemia dikategorikan sebagai berikut:

Anemia ringan yaitu kadar Hb antara 9,5-13 g/dL
Anemia sedang yaitu kadar Hb antara 8-9,5 g/dL
Anemia berat yaitu kadar Hb di bawah 8 g/dL

5. Gangguan Tiroid

Kelebihan dan kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan kelelahan. Anda dapat dengan mudah menyingkirkan penyakit ini dengan pemeriksaan darah. Kelenjar tiroid berbentuk kupu-kupu dan terletak di bagian bawah leher. Fungsi dari kelenjar ini adalah untuk memproduksi hormon tiroksin. Selain itu kelenjar tiroid bertugas mengontrol tubuh dalam produksi hormon dan pembakaran energi yang akan membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, serta suhu tubuh.

6. Mengalami Infeksi Kronis

Infeksi kronis tuberkulosis bisa menyebabkan nafsu makan seseorang berkurang dan juga rasa lemas. Infeksi ini juga bisa menimbulkan gejala batuk dan keringat malam.

7. Kelainan Darah

Kelainan darah seperti leukemia dan anemia aplastik umumnya menimbulkan gangguan pada produksi sel darah merah, sehingga terjadi anemia.

Keluhan yang Anda alami tidaklah khas untuk suatu penyakit. Karena itu, sebaiknya diperiksakan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan wawancara mendalam dan pemeriksaan fisik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar