Sukses

Asam Lambung dan Batuk

01 May 2017, 12:13 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok saya mau tanya apakah ada hubuanga nya aku batuk berdahak sama asam lambung? Soal nya aku punya penyakit maag,kalau asam labung lagi tinggi dahak juga tambah banyak, mohon di jawab dok

Terima kasih telah bertanya mengenai asam lambung dan batuk melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Pada dasarnya, peningkatan produksi dahak dapat terjadi akibat beberapa hal seperti adanya peradangan di saluran pernapasan, infeksi ataupun alergi terhadap zat asing, kekurangan cairan maupun gangguan pada lambung. Dari keluhan yang Anda alami kemungkinan Anda mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung tersebut dan perokok aktif dapat memicu produksi dahak. Pada umumnya banyak obat obatan yang dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak membandel. Dahak dapat dibantu diencerkan dengan obat minum hingga terapi uap.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali kepada dokter. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan untuk melihat kembali penyebab kondisi Anda apakah benar hanya disebabkan oleh gangguan pada lambung atau ada penyebab lainnya sehingga terapi dapat diberikan secara tepat. Sementara itu, untuk mengatasi lendir yang berlebihan Anda dapat menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut, menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung seperti makanan pedas dan asam, hindari rokok dan alkohol, istirahat serta perbanyak minum air putih minimal 8 gelas/hari. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengena asam lambung dan batuk i. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar