Sukses

Penyebab Sakit Kepala

01 May 2017, 12:10 WIB
Pria, 47 tahun.

Selamat pafi dokter sy ingin bertanya apakah penyebab sakit kepala sy yg sdh berlangsung bertahun2 dan dalam sebulan sll sakit berat berulang ulang2 ? Apakah hasil ct scan sy focal arteri celebri jg salah satu sebab sy sakit kepala? Dan hasil MRI sy radikulopati cervical menekan ringan dari c3 sampai c7. Hasil EMG dpt sesuai dg iritasi pada radiks cervical C5-6 Terimaksih sebelumnya atas jawaban dokter

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum kami memberikan informasi lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan terkait dengan keluhan Anda. Sudah berapa lama keluhan sakit kepala setiap hari ini Anda rasakan? Dimana lokasi sakit kepala tersebut paling sering Anda rasakan? Apakah nyeri kepala sebelah, di sekitar bola mata, atau di belakang leher? Dan apakah diikuti gejala lain seperti mual, gangguan pendengaran (telinga berdenging), dan pandangan kabur? Dan yang terakhir apakah Anda sudah pernah memeriksakan tekanan darah?

Secara garis besar sakit kepala dapat dibagi menjadi sakit kepala primer (fungsional) dan sekunder (organik). Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Biasanya sakit kepala jenis ini dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, stres, dll. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak biasanya memiliki ciri sakit kepala yang semakin lama semakin berat intensitasnya dibandingkan sakit kepala sebelumnya, biasanya juga disertai dengan gangguan neurologis (saraf), misalnya gangguan penglihatan, kelemahan tubuh sesisi, dll.

Beberapa tipe sakit kepala primer adalah:

1. Sakit kepala tipe tegang (tension-type headache). Sakit kepala ini memiliki karakteristik kepala seperti diikat dimulai dari dahi hingga ke belakang leher. Penyebab tersering adalah menahan posisi kepala pada satu posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama sehingga membuat kekakuan otot leher, misalnya duduk lama di depan komputer. Biasanya tipe sakit kepala ini tidak berbahaya dan dapat disembuhkan dengan obat seperti analgesik ataupun massage (dipijat).

2. Sakit kepala tipe migraine. Sakit kepala ini memiliki karakteristik sakit kepala sebelah yang berdenyut dan bisa diawali oleh gejala-gejala seperti adanya kilatan cahaya, bising, mual, muntah, atau pandangan kabur. Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu.

3. Sakit kepala tipe cluster. Sakit kepala ini memiliki karakteristik sakit di sekitar bola mata. Biasanya berlangsung singkat, namun sakit kepala sangat hebat. Sakit kepala cluster biasanya terjadi secara episodik hingga 12 minggu. Kemudian berulang kembali pada episode berikutnya.

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab sakit kepala Anda dan bagaimana mengatasinya hanya berdasarkan keluhan Anda saja. Kami sangat menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi lebih lanjut sehingga dapat ditegakkan diagnosis sakit kepala Anda dan penanganan yang tepat. Apalagi anda telah melakukan pemeriksaan tambahan, silahkan berdiskusi mengenai keluhan anda dengan dokter yang menangani anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar