Sukses

Vaksinasi Campak Sebelum Umur 9 Bulan, bolehkah?

01 May 2017, 17:01 WIB
Wanita, 19 tahun.

Ass. dokter, saya mw tnya kalo penyuntikkan imunisasi sblum waktunya apakah berbahaya ? ponakan saya umur 5 bln 2 hri yg lalu disuntik campak dn diksih tetesan polio, stlh saya baca2 suntikkn campak diberikn umr 9 bln, apa berbahaya dokter ? dn biasanya polio dn campak tdk brengn pemberiannya, kira2 apa dampaknya dokter ? saya mohon balasannya dokter terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar Vaksinasi Campak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Imunisasi merupakan suatu proses memasukkan virus campak yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh guna merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi atau kekebalan terhadap penyakit campak. Jadi manfaat imunisasi campak pada bayi sangatlah penting karena campak dapat menular dengan mudah.


Perlu saya jelaskan imunisasi campak dianjurkan pada anak usia 6-9 bulan. Pada daerah yang endemis penyakit campak seperti Afrika , maka imunisasi campak diberikan pada usia 6 bulan.

Karena zat kekebalan campak yang diperoleh dari ibunya sejak dalam kandungan akan menurun atau menghilang pada waktu usia 6 bulan. Peranan ASI sangat besar melindungi bayi dari penyakit campak.

Sama seperti di Indonesia, kejadian campak nasih tinggi pada umur 6-9 bulan, maka vaksinasi dianjurkan sebelum bayi berumur 9 bulan.

Terkait dengan pertanyaan anda mengenai vaksin polio dan campak, keduanya boleh digabungkan. Keadaan atau kondisi dimana perlu diundurnya vaksinasi adalah:

sakit berat dan akut, serta demam tinggi

reaksi alergi berat/anafilaktik

bila anak menderita gangguan sistem imun berat (sedang menjalani terapi steroid jangaka panjang, HIV), tidak boleh diberi vaksin hidup(polio oral, MMR, BCG, Varicella)

Alergi terhadap telur, hindari imunisasi influenza

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar