Sukses

BAB Bayi Warna Abu-Abu?

01 May 2017, 16:43 WIB
Wanita, 33 tahun.

Selamst sore dok,,saya seorang ibu,,saya punya bayi usia 4 bulan,,saya menyusui bayi saya dengan asi di bantu susu formula karena asi saya sdikit,,sya mu tanya bayi sya sudah 1 bulan ini pup nya abu2,,itu berbahaya atau tidak?

Terimakasih telah bertanya seputar BAB normal bayi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter

Warna dari feses berasal dari zat yang dinamakan biliverdin. Biliverdin merupakan hasil metabolisme dari bilirubin di hati. Bilirubin adalah hasil dari pemecahan hemoglobin darah. Apabila feses berwarna putih maka kemungkinan tidak didapatkan adanya zat biliverdin yang berarti terdapat gangguan dari metabolisme bilirubin.

Umumnya bayi dengan gangguan metabolisme bilirubin akan menunjukkan gejala ikterik atau kuning di seluruh tubuh atau terutama di mata, mual, muntah, dan BAB abu-abu. Feses sendiri merupakan hasil sisa metabolisme dari produk yang kita makan. Pada bayi, karena saluran pencernaannya yang belum sempurna, maka terkadang feses masih berbentuk makanan yang ia makan.

Jadi pada bayi ibu mungkin saja karena pencernaannya yang belum sempurna, susu lactogen tersebut tidak dapat dimetabolisme dengan baik dan menimbulkan feses yang berwarna abu-abu. Pada usia 0-6 bulan memang dianjurkan ASI karena ASI memiliki komposisi yang tepat untuk pertumbuhan dan pencernaan bayi. Alangkah baiknya apabila susu formula tersebut diganti dengan ASI.

Namun gangguan hati pun memang belum dapat disingkirkan secara sempurna karena masih dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan laboratorium. Saran kami, apabila feses abu-abu ini terus berlanjut, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak guna evaluasi lebih dalam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar