Sukses

Telinga Kanan Tidak Bisa Mendengar

01 May 2017, 11:25 WIB
Wanita, 17 tahun.

Begini dok . Telinga saya yg sebelah kanan tidak bisa mendengar sedikitpun . Saya baru sadar telinga saya seperti ini sejak saya berumur 8 tahun . Saat umur saya 12 tahun , saya pernah pergi berobat ke dokter THT dan di beri obat tetes yg d teteskan melalui hidung , tapi tidak ada reaksi apapun setelah pemakaian obatnya habis . padahal saat diperiksa , kata dokter tidak ada yg menghalangi jalannya telinga saya . terimakasih ...

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Apakah pendengaran Anda berkurang secara perlahan atau tiba-tiba? Ada tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga. Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagaian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak 8. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Mengingat banyaknya penyebab masalah penurunan pendengaran pada telinga, sulit bagi kami untuk menentukan penyebab mana yang mendasari keluhan pada diri Anda. Tanpa mengetahui penyebab yang tepat, maka penanganan yang sesuai juga sulit untuk dilakukan. Untuk itu kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter, bisa juga dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan penunjang (seperti audiometri) bila diperlukan.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda.
Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar