Sukses

Keluar Lendir Putih Saat Berhubungan

01 May 2017, 07:16 WIB
Wanita, 30 tahun.

Knpa saya keluar cairan bning sering bngt,palagi stlah behubungan,cairan kntal sprti jelly putih susu.dan knpa harus saya tarik untuk bsa keluar lendir tu.saya juga sedang nunggu menstrullasi,setelah copot kb suntik 3bln slma 4thn ga mens

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Keputihan atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, pemakaian kontrasepsi, dan akan tampak bening (tidak berwarna), tidak berbau, tidak banyak, dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar pada kemaluan. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Keputihan berbeda dengan cairan lubrikan yang umumnya berkaitan dengan rangsangan yang didapatkan oleh seorang perempuan. Saat terangsang, kelenjar-kelenjar pada vagina akan mengeluarkan sekret/cairan yang berfungsi sebagai pelumas untuk memudahkan penetrasi. Rasa sedikit basah yang Anda rasakan saat senggama terjadi akibat produksi cairan lubrikan ini. Dan semakin terangsang pasangan Anda, jumlah cairan vagina yang keluar akan semakin banyak, terlebih saat mencapai orgasme. Namun cairan ini normalnya berwarna bening, kental, agak lengket, tidak berbau, dan tidak menimbulkan keluhan.

Jika tidak ada keluhan seperti gatal dan berbau terkait dengan cairan vagina pasngan Anda maka tidak perlu dikhawatirkan, namun jika keluhan ini dirasa sangat menganggu, kami sarankan pasangan Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan sebaiknya dilakukan swab vagina atau tindakan pap smear untuk mengetahui kondisi leher rahim pasangan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar