Sukses

Pilihan KB Saat Menyusui

30 Apr 2017, 23:22 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya sudah hampir 2 thn setelah pasca melahirkan tidak kb. Suami melarang melakukan kb karna takut air asi tidak bagus untuk anak saya. Pertanyaan saya Jika suami yang melakukan kb (sperma di buang) apakah berpengaruh dengan kualitas sperma nya di kmudian hari. Dan apakah baik atau tidak untuk saya.



Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Pada Ibu yang sedang menyusui, penggunaan pil KB ini tidak disarankan dan harus dihentikan karena drospirenon dan etinil estradiol diekskresikan ke dalam ASI dan dapat memberikan efek samping tidak baik, seperti gangguan hati dan beberapa efek membahayakan lainnya. Sedangkan etinil estradiol juga dapat mengurangi produksi ASI. Namun, tidak ada hubungan Antara sperma yang dibuang dengan kualitas sperma suami Anda.

Untuk Ibu menyusui, dianjurkan untuk menggunakan KB yang hanya berisi progesteron saja. Untuk itu ada beberapa pilihan jenis KB untuk Ibu menyusui, yaitu: KB suntik, implan, mini pil atau AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim). Untuk pemilihannya, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang memberikan pil KB agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, keuntungan, kerugian dan pertimbangan-pertimbangan dari Ibu/Saudari sendiri.

Selain ASI, apakah anak Ibu telah mendapatkan makanan tambahan? Bagaimana dengan frekuensinya? Jika anak Ibu hanya diberikan ASI maka tinjanya akan cenderung cair. Kami sarankan, jika kondisi anak Ibu terus berlanjut dan semakin memburuk, Ibu segera mengkonsultasikan dengan dokter spesialis anak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar