Sukses

Janin Tidak Berkembang

30 Apr 2017, 23:00 WIB
Pria, 35 tahun.

Hallo dok, Ini kehamilan saya yg pertama.. Usia kandungan saya 10w, Usg kmrn tgl 28 april kantong rahim sdh semakin membesar dbandung usg sebelumnya (3mggu yg lalu) Tapi janin belum nampak dok, hanya nampak persediaan makanan didlm kantong rahim. Dokter blg perkembangan janin tdk sesuai usia kandungan seharusnya sdh nampak dan dokter hnya menyarankan kembali control lg 1 mggu berikutnya. Bagaimana menurut dokter? Karena saya jd kawatir ini BO. Tp smp skrg saya masih mengalami tanda2 kehamilan spt mual dan kram perut.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab janin yang tidak berkembang bisa disebabkan oleh hamil ektopik atau blighted ovum.

Kehamilan ektopik, artinya proses pembuahan memang terjadi, tetapi tidak berkembang di tempat yang seharusnya (tempat perkembangan janin normal adalah rahim, tempat yang tidak seharusnya, misalnya pada tuba sebelum rahim). Akibatnya janin tidak memiliki lingkungan yang kondusif untuk berkembang dan terpaksa kehamian Anda diterminasi atau dihentikan.

Blighted ovum (BO) atau disebut kehamilan kosong. Terjadi ketika sel telur berhasil dibuahi namun tidak berkembang menjadi embrio. Sel tetap membentuk kantung janin (gestational sac) namun konsepsi (pembuahan) tidak berkembang menjadi sebuah embrio. Hasil konsepsi akan terus tertanam di dalam rahim dan memberikan sinyal kepada otak bahwa terdapat konsepsi di dalam rahim sehingga hormon kehamilan tetap akan dihasilkan dan kehamilan akan terus berkembang menjadi kehamilan biasa, ibu hamil merasa benar – benar hamil dengan ditambah adanya hasil test pack yang positif.

Pada kehamilan normal perkembangan janin dapat terlihat pada pemeriksaan USG transvaginal sekitar umur 5-6 minggu, sedangkan pada pemeriksaan USG abdomen terlihat pada usia kehamilan 6-7 minggu. Diagnosa Kehamilan kosong akan terdeteksi jika pada saat kehamilan 8 minggu dilakukan pemeriksaan USG abdomen dan di dalam kantung janin tidak terdapat embrio atau tidak adanya detak jantung janin pada saat pemeriksaan Doppler. Jika hasil USG di usia 8 minggu sudah terdeteksi dan tidak ditemukan adanya perdarahan pervaginal, biasanya dokter akan memberikan pilihan untuk menunggu beberapa hari atau minggu untuk mengulang pemeriksaan USG kembali agar tidak terjadi adanya salah diagnosa kehamilan kosong. 50 % penyebab terjadinya keguguran di trimester pertama adalah kehamilan kosong.

Penyebab blighted ovum adalah kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. Tubuh akan mengenali kelainan kromosom pada fetus dan secara otomatis mengakhiri kehamilan karena mengetahui janin tidak akan berkembang menjadi bayi yang sehat. Kelainan kromosom bisa disebabkan oleh buruknya kualitas sperma atau sel telur dan pembelahan sel yang abnormal.

Karena kejadian kehamilan kosong merupakan kejadian yang sangat sering terjadi dan salah satu penyebab utama terjadinya keguguran. Yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan kehamilan secara sehat, menjalankan hidup sehat baik untuk istri dan suami, melakukan pemeriksaan kromosom, melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care) secara rutin.

Jika Anda baru saja mengalami keguguran dan ingin mempersiapkan kehamilan selanjutnya, penting bagi Anda untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan, 3 bulan sebelum konsepsi. Kedua telur dan sperma memperbaharui setiap 90 hari. Perubahan yang Anda buat hari ini akan mempengaruhi sel telur dan sperma yang akan digunakan 3 bulan dari sekarang. Jadi sebaiknya tunggu selama 3 bulan setelah keguguran sebelum Anda mencoba untuk hamil lagi. Ini akan memberi Anda waktu untuk mempersiapkan, sekaligus meningkatkan kemungkinan kehamilan sehat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar