Sukses

Sakit Kepala Sehabis Tertawa

30 Apr 2017, 21:46 WIB
Pria, 17 tahun.

Halo dok, saya mau nanya,. Saya kalau ketawa, kepala bagian belakang itu sangat sakit sekali setelah ketawa selesai sakitnya langusng berpindah jd migran. Apa saya hrs melakukan scan terhadap kepala?

Terimakasih telah bertanya seputar Sakit Kepala dan Tertawa menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Keluhan yang Anda rasakan saat ini merupakan salah satu tipe sakit kepala yang cukup jarang dan merupakan bagian dari 'Cough Headache' atau 'Sakit kepala karena Batuk' yang merupakan tipe lain dari 'Exertional headache' satau 'Sakit kepala karena latihan fisik'.

Batuk, tertawa, bersin, dan membungkuk dapat menyebabkan sakit kepala dikarenakan peningkatan tekanan darah di kepala. Sakit kepala ini umumnya berlangsung selama beberapa detik sampai beberapa menit. Jenis nyerinya adalah tajam, seperti ditusuk dan berlokasi di kedua sisi kepala dan di belakang kepala.

Penyebab sakit kepala ini terdiri atas primer dan sekunder. Penyebab primer berarti belum diketahui penyebabnya, umumnya dialami oleh pria berusia < 40 tahun, dan tidak berbahaya. Penyebab sekunder merupakan sakit kepala yang memiliki penyebab dasar (penyakit). Tipe sekunder ini dapat disebabkan oleh beberapa kelainan serius seperti tumor otak, malformasi otak (chiari malformation), aneurisma.

Apabila keluhan sakit kepala karena tertawa ini sering terjadi, sangat berat (sangat sakit), dan meningkat seiring dengan waktu maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf. Kemungkinan dokter Anda akan menganjurkan pemeriksaan MRI untuk mendeteksi adakah kelainan di otak sebagai penyebab dari sakit kepala ini.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar