Sukses

Implan VS KB suntik

30 Apr 2017, 16:58 WIB
Pria, 22 tahun.

dok saya pake kb suntik 3 bulan sudah 2 tahun karna saya menyusui . pke kb suntik 3 bulan berat badan saya naik terus 3kg-4kg per 3bulan .kalo saya pakai kb implan gimana ya dok ,apakah sama akan nambah berat badan atow tidak ?tolong jwabnya ya dok trimakaasih

Terimakasih telah bertanya seputar KB suntik dan Implan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Untuk menunda kehamilan ada beberapa teknik yang dapat dilakukan :

A. Tanpa menggunakan alat-alat/obat

1. Senggama terputus : Teknik penarikan penis dari vagina sebelum ejakulasi, kira-kira 1 detik sebelum ejakulasi terjadi. Namun teknik ini ada beberapa kekurangan yaitu dapat keluar cairan mani sebelum ejakulasi yang dapat mengandung sperma, terlambat mengeluarkan penis, dan pengeluaran sperma yang dekat dengan vulva yang dapat menyebabkan kehamilan terutama saat sedang ovulasi.

2. Patang Berkala : Menghindari berhubungan tubuh pada sebelum, saat dan 24 jam sesudah masa subur (ovulasi). Kekurangannya adalah terkadang masa ovulasi wanita dapat sulit untuk diperkirakan terutama bila haid si wanita tidak teratur.

3. Kondom : Prinsip dari kondom adalah sebagai perisai dari penis sewaktu melakukan koitus, dan mencegah pengumpulan sperma dalam vagina. Kefektifan kondom adalah 90%. Selain untuk mencegah kehamilan, kondom juga mencegah tertularnya penyakit menular seksual.

B. Kontrasepsi dengan alat/obat : kontrasepsi pil KB yaitu pil yang berisi kandungan hormonal yang dapat mencegah kehamilan. Kontrasepsi menggunakan alat yang dinamakan IUD (intra uterine Device) yang dimasukkan ke dalam rahim wanita, agar tidak terjadi kehamilan. Kontrasepsi jenis ini sangat efektif. Untuk mendapatkan kontrasepsi ini, Anda dapat ke dokter kandungan dan kebidanan.

C. Operasi/ Tubektomi Jika Anda menanyakan mengenai metode mencegah kehamilan yang baik selain pil KB, kondom dan tubektomi maka Anda dapat memilih IUD. Namun sebelum pemasangan Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilihat apakah terdapat kelainan pada tubuh/ rahim Anda. Pemasangan IUD harus dilakukan oleh tenaga medis profesional untuk mengurangi risiko

Terkait dengan pemilihan implan KB, ijinkan kami menjelaskan tentang implan:

Implan atau populer disebut dengan susuk, merupakan salah satu metode kontrasepsi yang relatif jarang dipilih karena sebagian wanita 'takut' akan proses pemasangan dan pencabutannya. Metode implan (selanjutnya disebut dengan KB implan), merupakan alat kontrasepsi bawah kulit yang serupa lidi sepanjang 4 cm. Biasanya diselipkan di bawah kulit lengan atas. Proses pemasangan dilakukan oleh dokter atau bidan yang berpengalaman.

KB implan ini dapat bertahan 3-5 tahun karena itu merupakan salah satu pilihan metode kontrasepsi jangka panjang dengan tujuan untuk menjarangkan kehamilan. Implan yang ditanam di bawah kulit mengeluarkan progestogen secara lambat, (serupa hormon progesteron) yang akan mencegah pelepasan sel telur. Progestogen juga membuat lendir serviks lebih tebal dan lengket, serta membuat dinding rahim lebih tipis. Akibatnya, sperma akan sulit melewati serviks dan kondisi rahim yang tipis membuatnya tidak dapat menerima bakal janin (embrio).

Berikut adalah fakta-fakta mengenai KB implan:

  • Bila KB implan ini terpasang dengan benar, efektivitasnya mencapai 99%. Kurang dari 1:1000 wanita yang menggunakan implan selama 3 tahun akan hamil. Implan sangat baik bagi wanita yang ingin menunda kehamilan dalam waktu lama.
  • Implan dapat digunakan pada wanita yang tidak dapat menggunakan KB hormonal yang mengandung estrogen.
  • Implan akan memudahkan wanita yang tidak dapat mengkonsumsi pil KB secara teratur.

Sedangkan efek samping KB implan adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan implan dapat membuat kulit Anda memar, nyeri, atau bengkak di sekitar lokasi implan. Tetapi hal ini akan berkurang dan sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan efek samping ini bila dirasa tidak terlalu mengganggu

2. Efek samping paling umum adalah gangguan haid. Pada tahun pertama penggunaan implan, umumnya haid menjadi tidak teratur, perdarahan bisa menjadi lebih berat atau lebih ringan, lebih pendek atau lebih panjang. Bahkan bisa tidak haid sama sekali. Hal ini tidak membahayakan, tetapi mungkin membuat Anda terganggu. Hal ini akan berkurang di tahun kedua.

Jika efek samping ini mengganggu, implan dapat dilepaskan kapan saja dan kesuburan Anda akan segera kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar