Sukses

Konsultasi Mengenai Operasi Kista Endometriosis

25 Apr 2017, 12:55 WIB
Pria, 32 tahun.

Selamat Siang Dokter.... Saya belum menikah tapi saya pernah menjalani operasi pengangkatan kista endometriosis sebelah kiri di tahun 2014. Sekarang di sebelah kanan juga ada kista endometriosis sebesar 5 x 5 cm. Pertanyaannya, Dokter : - Tidak adakah cara lain untuk menghilangkan kista itu selain operasi? - Jika nanti saya menjalani operasi lagi apakah saya masih bisa hamil & punya anak? - Benarkah bahwa kista bisa mengakibatkan kanker serviks seperti yang dialami oleh artis Jupe? - Benarkah bahwa pantangan makanan bagi saya adalah tumis kangkung & kacang-kacangan? Mohon penjelasannya, Dokter.... Terimakasih...

Terima kasih telah bertanya tentang operasi kista endometriosis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai kista endometriosis pasti sangat mengganggu Anda.

Endometriosis atau yang disebut juga dengan Kista endometriosis memang mempunyai pengaruh terhadap kesuburan wanita. Namun, jika kista telah teratasi maka penderita masih mempunyai kesempatan untuk hamil.

Terapi endometriosis untuk tiap orang berbeda-beda,Terapinya tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Bersama dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani anda dapat mendiskusikan pilihan terapi yang paling baik. Jika diagnosis dapat dilakukan secara cepat, saat kista masih berukuran kecil, mungkin tidak perlu dilakukan laparaskopi / pembedahan, hanya perlu dilakukan terapi hormonal. Sedangkan jika menunggu tanpa dilakukan terapi apapun, bisa saja kista tersebut semakin membesar dan pada akhirnya harus dilakukan operasi juga.

Kesuksesan terapi operasi pada penderita kista endometriosis dalam mengembalikan kesuburan tergantung pada keparahan penyakitnya. Pada penderita endometriosis ringan, terdapat kemungkinan hamil sebesar 75% dalam 1 tahun pertama setelah dilakukan operasi. Sementara kemungkinan untuk hamil akan menurun menjadi 60% pada penderita endometriosis yang sedang dan menjadi 35% pada penderita endometriosis yang berat.

Menurut penelitian wanita yang memiliki endometriosis memiliki risiko kanker payudara, otak dan endokrin seperti tiroid yang lebih tinggi namun untuk kaknker serviks justru risikonya menurun.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai operasi kista endometriosis. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar