Sukses

Tanya Seputar Pemeriksaan Imunohistokimia

25 Apr 2017, 12:55 WIB
Pria, 28 tahun.

Saya menderita Tumor Mandibula. Tanggal 7 Maret 2017 sudah di operasi di RS Fatmawati. Jaringan yang diangkat kemudian di teliti di bagian Patologi. Hasilnya Fibosarcoma lalu saya di rujuk ke RSCM. di RSCM saya diminta review slide jarinagn dari Fatmawati ke RSCM. Hasil PA di RSCM Osteosarcoma. Karena diagnosanya berbeda, bagian PA RSCM meninta saya untuk pemeriksaan Imunohistokimia. Katanya hasilnya 10 hari kerja, namun saat ini sudah 15 hari kerja, hasil IHK belum selesai juga. Sementara dokter bedah tumor dapat menentukan tindakan selanjutnya harus menunggu hasil IHK selesai. yang jadi pertanyaan saya: 1. Apakah dari hasil IHK tersebut hasilnya lebih akurat (mengingat biayanya yg lebih mahal, 2,5jt) 2. Dari hasil IHK tersebut, apa saja isinya? karena dokter belum bisa melakukan tindakan sebelum hasil IHK nya ada. 3. Biasanya berapa lama proses IHK tersebut?

Terima kasih telah bertanya tentang imunohistokimia melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai tumor mandibula pasti sangat mengganggu Anda.

IHK atau pemeriksaan imunohistokimia merupakan salah satu pemeriksaan yang lebih spesifik dalam bidang patologi anatomi (PA). Jadi pemeriksaan IHK ini merupakan bagian dari pemeriksaan PA itu sendiri. Pada prinsipnya pemeriksaan imunohistokimia dilakukan dengan menggunakan metoda pewarnaan jaringan tertentu untuk memastikan diagnosis suatu penyakit. Pemeriksaan ini digunakan untuk memastikan pemeriksaan yang sebelumnya sudah digunakan yaitu PA. Pemeriksaan PA sendiri dilakukan untuk melihat kelainan yang terjadi pada suatu penyakit melalui kelainan jaringan dan sel yang diperiksa melalui mikroskop. Karena diagnosa yang sudah ada dengan hasil PA terdahulu bukan merupakan penyakit ringan, maka pemeriksaan mendetil sangat diperlukan untuk menentukan tatalaksana lanjutan yang akan ditempuh.

Apakah saat ini Anda sudah menggunakan asuransi jaminan kesehatan? Jika belum sebaiknya Anda menggunakan supaya lebih memudahkan dalam hal keuangan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai imunohistokimia. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar