Sukses

Pengaruh Kebiasaan Tidur Larut malam

30 Apr 2017, 09:55 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya tidur sekitar jam 3 pagi. Dan bangun jam 11 siang. Apakah ada resiko penyakit dgn kebiasaan saya ??

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai kebiasaan tidur. 

Pada orang dewasa, kebutuhan tidur sehari minimal 7-8 jam. Kebiasaan bergadang atau kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah/penyakit seperti peningkatan berat badan, penyakit jantung, hipertensi, menurunnya konsentrasi, penuaan dini, dan lain-lain.

Jika Anda kurang tidur, waktu yang Anda butuhkan untuk tidur akan meningkat. Dan jika Anda secara konsisten melewatkan waktu tidur, ‘hutang’ tidur Anda akan mengganggu dan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda. Jika Anda terlalu banyak memiliki ‘hutang’ tidur, maka tidur panjang saat akhir pekan tidak akan menghapus ‘hutang’ tidur Anda. Hal tersebut justru akan mengganggu jam biologis Anda, sehingga Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur di malam hari dan bangun tepat waktu pada pagi hari.

Tidur siang pada orang insomnia justru bisa menyebabkan kesulitan tidur pada malam harinya. Cobalah atur waktu Anda agar dapat mengerjakan tugas kuliah dan organisasi sebelum waktu tidur. Jika managemen waktu Anda baik maka semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Bergadang sewaktu-waktu mungkin tidak menimbulkan masalah, namun jika terlalu sering dapat menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh Anda di masa depan.

Tubuh memiliki irama sirkardian dimana hormon-hormon dan fungsi organ bekerja sesuai jam yang seharusnya.jika anda mengubah irama ini tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kebiasaan  tidur. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar