Sukses

keliyengan Tanda Vertigo?

30 Apr 2017, 09:55 WIB
Pria, 39 tahun.

Siang Dokter...maaf mau tanya...kenapa sering kliyengan tapi tidak sakit kepala? Tensi Normal...kl harus langsung cek ke dokter...aq hrs kontrol ke dokter spesialis apa ya? saraf atw dmn? Ataw harus ke dokter umum dulu. Mohon solusinya..Terima Kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai keliyengan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang Anda maksud dengan keleyengan adalah perasaan berputar? Kami menduga Anda mengalami vertigo. Kami akan menjelaskan mengenai vertigo. Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dari vertigo:

1. Keadaan lingkungan

Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)
2. Obat-obatan

Alkohol
Gentamisin
3. Kelainan sirkulasi

Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler
4. Kelainan di telinga

Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)
Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri
Herpes zoster
Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)
Peradangan saraf vestibuler
Penyakit Meniere
5. Kelainan neurologis

Sklerosis multipel
Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya
Tumor otak
Tumor yang menekan saraf vestibularis.


Beberapa terapi yang dapat diberikan adalah terapi dengan obat-obatan, terapi fisik / latihan dan olah raga. Dan jika kedua terapi di atas tidak dapat mengatasi kelainan yang diderita dianjurkan untuk terapi bedah.

Obat-obatan yang biasanya digunakan adalah

Antikolinergik / parasimpatolik
Antihistamin
Penenang minor dan Mayor
Simpatomimetik
Kombinasi tersebut di atas.
Hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan tentang penanganan vertigo menggunakan pengobatan herbal. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dengan dokter spesialis saraf (neurolog) untuk mengetahui penyebab dan penanganan dari vertigo tersebut. Untuk kasus yang berlangsung lama seperti Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang (seperti CT Scan) untuk mencari penyebab dari vertigo Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar