Sukses

Benjolan Leher

29 Apr 2017, 11:04 WIB
Pria, 22 tahun.

hello dok saya mau tanya pada leher ,ketiak dan selangkangan saya ada benjolan lebih kurang besarnya seperti biji petai tipis dan PADA KULIT TIDAK BERWARNA MERAH,benjolan ini kata orang tua saya sudah ada sejak saya kecil,karena saya sering baca tetang kesehatan ,saya jadi parnok apa ini getah bening dok? selama RIWAYAT HIDUP saya tidak ada mengalami gejala sakit,demam pun bisa dibilang jarang,badan terasa bugar tanpa ada keluhan apapun,cuman dari SD sampai kelas 2 SMA saya paling sering sakit kepala ,paling lama satu hari sembuh kalau sudah muntah kepala saya langsung reda,,dan alhamdulilah sekrng sudah tidak pernah lagi, dok mohon jawab dengan jelas apa benjolan ini berbahaya ,seiring benjolan ini sudah ada sejak saya kecil tanpa merasakan gejala apapun sampai saya duduk dibangku kuliah ,dileher lebih kurang ada 3 tepatnya kiri dan kanan leher belakang kepala agak kecil ,ketiak sebelah kanan ,dan kedua selangkang kiri dan kanan apa tindakkan yang harus saya lakukan ?

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan leher melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang dialami dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis
  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • Tumor lemak (lipoma)

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai benjolan leher. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar