Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Menggunakan KB Suntik 3 Bulan

30 Apr 2017, 04:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

Hallo dokter, saya ingin bertanya.. Saya adalah seorang ibu dari 1 anak yang berumur 8bulan, saya menggunakan alat kb suntik 3 bulan, namun setelah suntik saya mengalami flek2 merah dan sudah berlangsung selama 1 bulan, apakah itu normal? Terimakasih atas jawabannya

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar