Sukses

Keguguran Berulang

29 Apr 2017, 22:18 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok saya mau bertanya Tgl4april saya baru melakukan kuretase( janin tidak berkembang) dimana tgl27april saya datang bulan lg apakak normal dok? Dan saya mau konsul dimana saya uda kuretase selama 2x Dimana kuret pertama terjadi pd tahun 2016 jan bilan kedua gk ada detak jantung lagi n kuret kedua bln april 2017(janin tidak berkembang)msk bln kedua. Penyebabnya pa ya dok? dan apa yg harus dilakukan untuk kedepanya biar gk keguguran lagi?


Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keguguran lebih atau sama dengan 3x disebut abortus habitualis, paling sering disebabkan oleh kelainan pada kromosom. Namun pada bebrapa kasus dapat disebabkan oleh :

1. kelainan pada pertumbuhan disebabkan oleh: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, virus, radias)

2. Kelainan pada plasenta: terjadi kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi pada ibu yang menahun

3. Penyakit ibu: beberapa penyakit dapat memperngaruhi kehamilan, seperti infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria. Anemia berat, serta penyakit infeksi TORCH , tiroid, diabetes, kelainan dari sistem pertahan tubuh. Penyakit yang disebut sebagai Anti phospholipid sindrom.

4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, atau kelainan pada dinding rahim

5. kelainan hormonal

6. Dapat juga disebabkan oleh keluhan emosional

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG dan laboratorium darah (TORCH, tiroid, antinuclearantibody (ANA), lab darah lengkap, pemeriksaan lab hormon, dsbnya) untuk mengetahui penyebab keguguran berulang Anda sehingga Anda dapat merencanakan kehamilan Anda berikutnya agar optimal.

Dokter spesialis Andrologi merupakan ahli yang menangani gangguan keseburuan pada pria. Hematologi merupakan ahli masalah gangguan pada darah. Sedangkan Imunologi merupakan ahli di bidang sistem imun manusia.

Pada kasus Anda sebaiknya ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau spesialis kandungan dan kebidanan subspesialis endokrinologi yang merupakan ahli dibidang gangguan kesuburan pada wanita.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan
6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan
Penyebab Ketidaksuburan Perempuan
Stres Memicu Ketidaksuburan
Pemicu Ketidaksuburan Wanita
5 Tips Sperma Sehat
Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit
Waspada Kesuburan Turun di Usia 30
3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar