Sukses

Sariawan Tidak Kunjung Sembuh

29 Apr 2017, 22:18 WIB
Pria, 36 tahun.

Salam dok, saya punya sariawan ga sembuh2, skrg sdh 1 bulan lamanya, saya sdh ke dokter 2x dan antibiotikpun sudah habis, tapi maaih belum sembuh2, sariawan ini berpindah2, dan jumlahnya banyak, nyeri sekali rasanya... untuk bicara dan makan pun susah sekali. Bahkan semenjak sariawan saya merasa anus saya sangat sakit dan tadi pagi meneteskan darah. Apa ada korelasinya dokter? Obat yg pernah saya pakai: 1. Obat kumur. Bactidol 2. Albothyl 3. Propolis 4. Salep di lidah 5. Antibiotik 6. Ibuprofen 7. Vit B Makasih jawaban nya dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang sariawan menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas kondisi yang dialami dan memahami kekhawatiran Anda.

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stres, perubahan hormon, infeksi virus dan bakteri, sensitivitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan anemia.


Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu.

Berikut artikel yang dapat Anda baca:

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar