Sukses

Mengetahui Kualitas Sperma Dari Analisis Sperma

29 Apr 2017, 20:44 WIB
Pria, 28 tahun.

Gmn cr nya th sperma kt yg baik. Dan bs membuahi sel telur

Terima kasih telah menanyakan tentang analisis sperma melalui fitur Tanya Dokter.

Cairan mani (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian.

Kualitas sperma secara pasti dinilai melalui analisis sperma.

Melalui analisis sperma kita akan mengetahui jumlah sperma, pergerakan sperma apakah aktif bergerak atau diam di tempat, dan bentuk sperma apakah ada gangguan bentuk atau tidak. Semua hal ini tidak dapat diketahui dengan pemeriksaan dengan sekedar melihat sperma dengan mata saja karena memerlukan pewarnaan dan penggunaan mikroskop.

Pada analisis sperma Ciri sperma yang baik atau normal (normospermia) dapat diketahui melalui pemeriksaan analisa sperma dengan ketentuan memiliki jumlah yang normal (N: >20 jt/cc), gerakan normal (N:>50%), dan bentuk sperma normal (N:>30%).

Bila ada abnormalitas dalam analisis sperma, kami sarankan untuk konsultasi kepada dokter urologi atau androlog karena penanganannya bervariasi tergantung kondisi sperma dan penyebabnya.

Demikian penjelasan tentang analisis sperma. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar