Sukses

Pengaruh Minuman Soda dan Menyusui

29 Apr 2017, 20:08 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya mau menanyakan apakah minuman soda baik untuk ibu yang menyusui dan apa efeknya pada bayi yang diberi ASI oleh ibu yang mengkonsumsi minuman soda. Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Minuman soda ternyata juga memiliki kandungan kafein. Namun, terdapat penelitian pada ibu menyusui yang mengkonsumsi minuman mengandung kafein, ditemukan bahwa hanya sedikit sekali dari jumlah kafein yang diminum akan dipindahkan ke bayi melalui air susu, dan kafein dengan jumlah sedikit yang ada pada air susu terlihat tidak mempengaruhi denyut jantung ataupun tidur sang bayi.

Ternyata aman bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, dengan syarat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. American Academy of Pediatrics menetapkan, bahwa ibu menyusui tidak boleh mengkonsumsi minuman dengan kandungan kafein lebih dari 500 mg per hari. Jika terlalu banyak, dapat terakumulasi pada tubuh bayi dan memberikan efek seperti rasa gelisah. Bayi muda dan prematur tentunya akan lebih rentan terkena efek tersebut jika dibandingkan dengan bayi yang lebih dewasa.

Jika Anda mengkonsumsi minuman tersebut, pantaulah selalu tingkah laku bayi Anda setiap kali habis disusui. Efek lain soda ataupun minuman dengan kafein adalah efek diuretik, yang dapat menyebabkan Anda banyak buang air. Keadaan ini dapat menyebkan terbuangnya vitamin dan mineral dari tubuh Anda, sehingga mengurangi nutrisi bagi bayi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar