Sukses

Setelah Ngulet Tidak Bisa Bergerak

29 Apr 2017, 17:29 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dokter saya ulfa saya mau tanya ada teman saya saat bngun tidur ia ngulet dok, tpi setelah ngulet badannya tidak bisa bergerak, moohon info cara mengatasinya dok

Terimakasih telah bertanya seputar Stretching menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter

Sebelumnya kami akan bertanya beberapa hal pada anda:

Apakah jenis stretching yang dilakukan oleh teman anda berlebihan?

Apakah tidak bisa bergerak hanya melibatkan otot yang dipakai ataukah seluruh badan?

 

Menurut penelitian, stretching yang berlebihan dapat menyebabkan kekakuan bahkan cedera pada otot. Terlebih saat bangun tidur, saat suhu tubuh saat tidur atau suhu basal lebih rendah dibandingkan ketika manusia bergerak karena fungsi dan metabolisme tubuh melambat.

Ketika suhu tubuh menurun, maka otot memiliki risiko terkena cedera lebih besar karena lemas. Sehingga, ketika peregangan dilakukan, otot akan tertarik. Serat otot bisa jadi rusak atau bahkan terputus.

Bila tetap ingin melakukan peregangan badan sehabis bangun tidur, sebaiknya menaikkan suhu tubuh dari kondisi suhu basal terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan kegiatan sederhana sehabis bangun tidur, seperti pergi ke toilet

Kekakuan tersebut dapat dikurangi dengan bantuan gerakan pasif oleh orang lain dengan menggerakan secara perlahan otot teman anda, atau seacara sadar (aktif) teman anda melakukan gerakan perlahan-lahan untuk melemaskan kembali ototnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar