Sukses

Gangguan Syaraf, Penyakit Kuning, Anemia, Bengkak, Gejala Apa?

28 Apr 2017, 21:51 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat sore. Dok saya mau sharing dulu tentang gejala penyakit yg adik saya alami. Sudah lebih dari sebulan adik saya tidak bisa berjalan, bahkan berdiri saja harus dipegangi, tapi dia bisa menggerakan kakina bila sewaktu duduk. Persendian kakinya sering dikeluhkan sakit, katanya seperti digigiti. Kulitnya dan kelopak matanya menguning, terkadang dibagian jari tangan ataupun kaki sering mengalami pembengkakan, penyebabnya gapernah ketauan, suka tiba2 bengkak, begitupun kembali ke normal dgn sendirinya. Dengan ttanda2seperti itu, adik saya kenapa ya dok? Soalnya setiap dibawa berobat, cuma dibilangnya kurang darah aja, dan gaada yang lain2. Mohon bantuannya untuk menjawab. Terimakasih..

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya seputar gejala penyakit menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Dari gejala yang anda paparkan, ada kemungkinan bahwa adik anda mengalami gejala lupus. Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh.

Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat. Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun predisposisi genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini. Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb.

Terdapat kriteria diagnosis Lupus, sebelum seseorang ditegakkan diagnosis menderita Lupus. Apabila ditemukan 4 positif dari 11 kriteria, maka diagnosis baru dapat ditegakkan. Beberapa diantaranya merupakan kriteria laboratorium seperti darah rutin (akan ditemukan anemia, trombosit yang turun/trombositopenia dan leukosit yang turun/leukopenia, dan pemeriksaan serologic ANA dsb.

Namun, hal ini masih merupakan kemungkinan saja. Untuk menentukan diagnosis pasti, anda perlu menemui dokter penyakit dalam untuk dilakukan wawancara secara mendalam, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar