Sukses

Muntah dan BAB darah

25 Apr 2017, 18:05 WIB
Pria, 56 tahun.

pernah muntah darah dan BAB darah,sekarang ini perutnya membesar dan keliatan mengeras beberapa hari ini BAB nya kurang lancar dan kalau malam tidak bisa tidur.

Terima kasih telah bertanya tentang muntah dan BAB darah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai muntah dan BAB darah pasti sangat mengganggu Anda.

Muntah darah dalam istilah medis dinamakan hematemesis. Keluhan muntah darah yang paling sering terjadi diakibatkan adanya gangguan di saluran pencernaan. Darah yang keluar dapat berwarna merah segar atau kehitaman seperti aspal. Kedua hal tersebut dapat membedakan berasal dari manakah darah yang keluar. Penyebab Hematemesis bisa berasal dari :

  • Perlukaan di saluran pencernaan
  • Kelainan koagulasi (pembekuan darah)
  • Pengobatan yang mengiritasi saluran pencernaan
  • Varises esofagus
  • Darah dari epitaksis (perdarahan melalui hidung / mimisan)
  • Erosi orofaring yang tertelan juga bisa menyebabkan muntah darah.
  • Tekanan, stress emosional
  • Pemakaian obat antiperadangan(anti-radang), antikoagulan(anti-pembekuan), atau alkohol.

Mengenai BAB darah harus diperiksa juga apakah BAB darah hitam atau BAB darah merah.

Jika BAB yang berwarna hitam atau disebut juga dengan melena, merupakan keadaan keluarnya feses yang berwarna hitam seperti ter. Keadaan ini berhubungan dengan adanya perdarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Warna hitam yang ada disebabkan oleh oksidasi besi dalam hemoglobin darah selama perjalananannya di dalam saluran pencernaan. Bagian saluran pencernaan atas yang dimaksuda adalah kerongkongan, lambung atau usus dua belas jari. Pada lambung atau usus dua belas jari biasanya penyebabnya adalah ulkus atau luka. Sedangkan pada kerongkongan biasanya karena pecahnya pembuluh darah balik yang ada di sana - biasanya berhubungan dengan sirosis hati dan dapat berhubungan dengan perut membesar.

BAB darah merah biasanya dikaitkan dengan ambeien atau wasir atau hemorrhoid. Namun, hal ini mungkin bukan yang terjadi dengan Anda.

Cara mendiagnosis atau mengetahui penyebab melena adalah dengan melakukan pemeriksaan endoskopi. Pada pemeriksaan ini dimasukkan kamera kecil dengan selang ke dalam saluran pencernaan, dari mulut kemudian gambaran dalan saluran pencernaan dipantau melalui monitor. Jika ditemukan kelainan, dapat dilakukan tatalaksana pada saat itu juga, seperti dengan menjepit bagian yang ulkus sehingga perdarahan berhenti.

Kami juga menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah digestif atau dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi untuk penanganan dan evaluasi lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

 Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai muntah dan BAB darah. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar