Sukses

Tanya Seputar Penyakit Campak
25 Apr 2017, 18:05 WIB
Pria, 27 tahun.

dok saya kayaknya terkena pnyakit sarampa ( campak) gejala, bnyak muncul ruam2 merah d badan dan gatal...apa benar penderitanya tidak boleh mandi atau terkena air baik panas atau dingin..dan tidak boleh melakukan perjlanan malam hari karna terkenaangin malam akan memperburuk penderitanya....apakah semua ini benar atau hanya mitos..

Terima kasih telah bertanya tentang campak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai campak pasti sangat mengganggu Anda.

Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa campak merupakan salah satu penyebab utama meninggalnya anak di dunia, walaupun tersedia vaksin campak yang aman dan terjangkau. Hal ini terutama terjadi di negara berkembang.

Namun, penggunaan vaksin campak mengakibatkan terjadinya penurunan kematian akibat campak sebesar 79% dari tahun 2000 hingga 2014 di seluruh dunia.

Penyakit campak memiliki gambaran klinis yang cukup khas. Gejala pertama yang umumnya timbul pada penyakit campak mencakup:

  • Demam tinggi, yang umumnya timbul sekitar 10-12 hari setelah seseorang terekspos oleh virus campak.
  • Keluhan saluran pernapasan, seperti batuk dan hidung berair.
  • Mata kemerahan dan berair.
  • Bercak putih di dalam rongga mulut.
  • Ruam kemerahan yang cukup khas pada campak dapat timbul sekitar 3- 5 hari setelah gejala lainnya. Biasanya dimulai dari wajah dan leher bagian atas. Dalam periode waktu beberapa hari setelahnya, ruam kemerahan juga timbul pada bagian tubuh lainnya –seperti badan, punggung, tangan, dan kaki. Ruam ini umumnya bertahan selama beberapa hari, lalu mulai menghilang sesuai dengan urutan timbul.
  • Terkadang, ruam kemerahan dapat disertai dengan keluhan gatal.

Secara umum, gejala yang dialami oleh penderita campak dapat berlangsung selama 4- 7 hari, sebelum akhirnya mereda.

Pengobatan campak yang diberikan oleh dokter umumnya bersifat suportif, seperti:

  • Pemberian infus dapat dipertimbangkan bila dinilai terjadi dehidrasi yang berat, terdapat kesulitan untuk mendapatkan asupan, atau demam tinggi terus-menerus yang dapat mengakibatkan dehidrasi.
  • Pemberian obat sesuai gejala. Misalnya: obat antipiretik untuk keluhan demam, obat pereda batuk untuk keluhan batuk, obat pereda pilek untuk keluhan pilek dan hidung tersumbat, dan obat antimual untuk keluhan mual.
  • Pemberian suplementasi vitamin A, terutama pada pasien dengan defisiensi vitamin A.

Penderita campak sebaiknya tetap mandi seperti biasa. Mandi dapat mengurangi rasa gatal dan menjaga kesehatan kulit. Sebaiknya mandi menggunakan air hangat atau biasa. Cukup membasuhkan badan tidak perlu digosok-digosok.

Setelah mandi keringkan tubuh dengan menggunakan handuk tetapi jangan menggosok terlalu keras cukup ditepuk/ dilap perlahan hingga bersih.

Jika keluhan belum membaik sebaikya Anda berkonsultasi langsung ke dokter.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai campak. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar